WAJAH HUKUM……………….

Hukum di Indonesia adalah sebuah bentuk dilematis yang berkepanjangan, yang tak diketahui dimana letak ujung pertautannya. Sejak zaman orde lama hingga orde berikutnya, dan saat sekarang yang dinamakan orde Re-formasi tetap saja kita para pencari keadilan di suguhkan dengan rumitnya birokrasi suatu badan atau organisasi.

Entah sampai kapan ini akan berlangsung, mungkin sampai tujuh turunan dibawah kita yang akan selalu menikmati repot dan peliknya permasalahan yang ada di negara kita ini.  Sampai kapan ini mesti berlangsung…..?

Kita sebagai insan – insan pertiwi, pastilah merindukan sebuah kehidupan yang lebih baik dalam segala hal baik itu dalam tatanan Ekonomi, Sosial, Hukum dan HAM. Apakah itu hanyasebuah Impian di siang bolong…….?

Hukum Positif  terutama sebagai sarana pengatur dalam masyarakat bertindak, di samping aturan – aturan yang berlaku dalam kehidupan adat atau kebiasaan dalam masyarakat, Adalah sebagai upaya pembatasan -pembatasan agar segala hak dan kewajiban kita terpenuhi dengan baik dan berjalan dengan semestinya tanpa menimbulkan efek baik secara langsung maupun tidak langsung pada individu sekitar kita yang juga memiliki hak dan kewajiban mereka masing – masing.

Hukum pada saat ini seharusnya tidak lagi dipandang sebagai sarana hanya untuk sekedar memberikan vonnis pada seseorang atau kelompok tertentu bahwa karena mereka terbukti bersalah telah melakukan  perbuatan yang  melawan hukum, maka mereka dikenai suatu hukuman dari putusan yang dijatuhkan oleh Hakim dalam suatu bentuk peradilan.

Hukum sekarang seharusnya juga memberikan dampak pada individu untuk dapat berkembang menjadi individu yang lebih baik, bahwa hukum juga seharusnya melihat dampak yang di timbulkan dari suatu putusan yang bersifat Inkracht terhadap gejala sosial yang mungkin akan timbul dari putusan tersebut.

Bagaimana Menurut pendapat anda…………..?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s