Lima Demonstran di Maroko Bakar Diri Tuntut Lapangan Kerja

Lima Demonstran di Maroko Bakar Diri Tuntut Lapangan Kerja

Demonstran di Rabat, Maroko, berdiri di atas gedung memegang botol bensin mengancam bakar dir

(VIVAnews)

Maroko (tvOne)

Aksi bakar diri dilakukan lima demonstran yang menuntut penciptaan lapangan pekerjaan di Rabat, Ibukota Maroko. Demonstran terdiri dari para lulusan kampus dan aktivis hak asasi manusia (HAM).

Akibat aksi tersebut, tiga orang terbakar cukup parah dan dirawat di rumah sakit (RS), sementara 2 korban selamat hanya luka bakar ringan.

Pada Kamis (19/1), pemerintah terpilih mempresentasikan rencana baru untuk parlemen dengan fokus pada penciptaan lapangan kerja, pendidikan, dan kesehatan. Pemerintah Maroko berjanji untuk menciptakan 200.000 lapangan kerja baru tahun melalui investasi publik dan swasta.

Sementara itu, tingkat pengangguran resmi telah mencapai 9,1 persen secara nasional, dan naik menjadi sekitar 16 persen untuk para lulusan Universitas. Mahasiswa Maroko yang baru lulus kemudian bergabung dalam bagian dari gerakan “pengangguran lulusan kampus “.

Mereka menuntut ke seluruh negeri untuk menciptakan jutaan lapangan pekerjaan bagi lulusan universitas. Namun demonstrasi sering kali berakhir dengan kekerasan dan dibubarkan secara paksa oleh polisi, mengakibatkan bentrokan berkelanjutan. Pekan lalu, empat orang lagi mengatur diri mereka sendiri pada api di Tunisia, termasuk ayah dari tiga yang meninggal dari luka bakarnya.

One thought on “Lima Demonstran di Maroko Bakar Diri Tuntut Lapangan Kerja

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s